Ramadhan, Bulan Penuh Berkah

Ramadhan, Bulan Penuh Keberkahan dan Pahala

Halo teman-teman semua, apa kabar? Bagaimana persiapan untuk menyambut bulan suci Ramadhan ini? Bagi teman-teman yang melaksanakan ibadah puasa, semoga puasanya penuh, ya.

Sekarang, mari kita lihat apa sebenarnya bulan Ramadhan itu. Ayo, kita mulai. :-)

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam perkalenderan Islam. Dalam bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan berpuasa dengan tujuan untuk menjadi orang yang bertakwa. Dengan berpuasa dapat meningkatkan kedisiplinan diri sendiri dan dapat menahan diri untuk berbuat hal-hal yang dilarang oleh Tuhan. Tahukah kamu? Bulan Ramadhan hanya diberikan oleh Tuhan untuk umat Nabi Muhammad saja. Oleh sebab itu, kita sebagai umatnya hendaknya memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. :-)

Awal Ramadhan

Menurut kalender Islam, bulan Ramadhan jatuh pada musim panas. Makanya, “Ramadhan” dalam bahasa Arab berarti “hari yang panas”.

Kalender Islam menggunakan bulan sebagai patokan untuk menandai satu tahun. Dalam kalender bulan, sebulan hanya 29 atau 30 hari, setahun dalam kalender bulan tidak mencapai 365 hari. Oleh sebab itu, bulan Ramadhan jatuh 11 hari lebih awal setiap tahunnya.

Awal bulan Ramadhan ditandai dengan bulan baru, dan berakhir dengan bulan mati bulan selanjutnya, yaitu Syawal. Bulan baru harus disaksikan oleh sekurang-kurangnya 3 orang saksi yang adil (maksudnya orang yang benar-benar mengetahui ilmu falaq, ilmu untuk melihat benda-benda langit). Karena ditentukan oleh penampakan bulan baru, maka bulan Ramadhan dapat jatuh pada tanggal yang berbeda-beda di setiap dunia.

Puasa, Ibadah Penting dalam Bulan Ramadhan

Semua umat muslim yang telah aqil baligh diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan. Orang yang berpergian, sakit, atau sedang hamil boleh tidak berpuasa, namun wajib menggantinya kemudian hari sejumlah hari yang ditinggalkan.

Orang yang sudah sangat tua yang tidak mampu untuk berpuasa diwajibkan memberi fidyah (denda). Dendanya adalah memberi makanan kepada seorang miskin setiap harinya selama orang tersebut tidak berpuasa.

Sebelum dan Setelah Berpuasa

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk makan di saat sahur (waktunya sebelum shubuh) di bulan Ramadhan, dan berbuka saat maghrib (terbenam matahari). Nabi Muhammad SAW juga menyarankan berbuka puasa dengan makanan yang manis-manis. Tujuannya adalah untuk mengganti karbohidrat yang hilang saat berpuasa.

Ibadah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan pahala. Perbanyak ibadah, seperti tadarus (mengaji) dan shalat malam, akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda.

Lailat al-Qadr

Ada satu malam dalam bulan Ramadhan yang penuh dengan keajaiban. Namanya adalah Lailat al-Qadr (Malam yang Mulia). Malam ini biasanya terjadi di malam yang bertanggal ganjil sejak 17 Ramadhan hingga akhir Ramadhan. Tidak ada yang bisa memperhitungkan kapan malam ini terjadi. Hanya orang-orang yang tekun mendekatkan dirinya pada Tuhan yang dapat menyaksikan keajaiban malam ini.

Seajaib apakah malam Lailat al-Qadr ini? Berdasarkan kitab suci Al-Quran, malam ini adalah malam yang terbaik daripada 1000 bulan. Di malam ini, malaikat akan turun dengan membawa kesejahteraan hingga fajar tiba.

Hari Besar Idul Fitri (Eid al-Fitr)

Hari Besar Idul Fitri menandakan Ramadhan berakhir. Hari ini dimulai dengan terbitnya bulan baru di bulan Syawal dan umumnya diperingati selama 3 hari. Pada hari ini, seluruh umat muslim berduyun-duyun melaksanakan shalat hari raya di lapangan terbuka atau masjid.

Hari Besar Idul Fitri merupakan hari dihapuskannya seluruh dosa oleh Tuhan. Umat muslim pada hari itu seperti bayi yang baru lahir. Artinya, tidak ada lagi kesalahan dan dosa layaknya seorang bayi.

Umat muslim merayakan juga dengan mengunjungi sanak saudara, bersalam-salaman sebagai wujud kemenangan.

Selamat berpuasa!

(Dikutip dari Microsoft ® Student 2009 DVD)

About these ads

One thought on “Ramadhan, Bulan Penuh Berkah

Tinggalkan komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s